Saturday, December 27, 2014

Tips dan Trik Wawancara Kerja

TrikCariKerja.com - trik berkaitan dengan info lowongan kerja
Apakah anda selalu gagal dalam wawancara kerja, padahal anda sendiri sudah berkali-kali melakukan tes tertulis dan psikotes dan hasilnya bagus? Inilah tips dan trik sukses saat wawancara kerja.

Sebenarnya untuk mencari kerja itu tidak susah asalkan tau tips dan triknya, mulai cara bikin surat lamaran, cara bikin resume,dan cara bagimana anda berbicara. Tes kerja juga tidak susah seperti yang dibayangkan. ya.. itu itu aja kalau diperhatikan. Namun satu hal yang harus di ingat, kuasalih keahlian yang paling spesifik dan benar-benar menguasainya, misalnya jika anda lulusan S1 accounting maka kuasalilah sepenuhnya ilmu accounting dan software accounting seperti myob accounting. Jika anda bekerja di bidang teknik misalnya teknik arsitektur maka kuasailah konsep-konsep arsitektur dan software arsitektur seperti autocad architecture

Contoh saya sendiri bekerja di bidang gambar bangunan /gedung, di bidang ini saya hanya menguasai (dan benar-benar menguasai) gambar struktur bangunan, sedangkan gambar arsitektur dan gambar mekanikal, plumbing (pemipaan) saya hanya sekedar tahu namun tidak menguasainya. Hanya dengan kemampuan spesifik di sini pun saya sering sekali dapat tawaran kerja untuk pindah di berbagai konsultan struktur bangunan, jadi intinya ketrampilan / keahlian spesifik yang harus benar-benar dikuasai. Inilah kontribusi yang akan anda berikan pada perusahaan.

Berikutnya adalah sikap, mental, dan pola pikir. Ini sangat penting saat anda bertemu dengan si pewawancara/manager.
Ketika ditanya saat wawancara jangan sekali kali memberikan jawaban yang “BER-AURA” negatif.
Misal contoh kecil saja, kenapa anda keluar dari perusahaan lama?
  • Jawaban aura negatif ==> karena orang-orangnya ga ada pengertian, suka menyalahkan, tidak bisa diajak bekerja sama.
  • Jawablah dengan aura yang posistif ==> saya senang sekali bekerja di perusahaan lama perusahan x, y, z. di sana timnya sangat solid, saling bekerja sama, kekeluargaan, dan kita banyak bicara banyak hal hal positif untuk meningkatkan kemajuan perusahaan. namun saya butuh pengalaman yang luar biasa, meskiun saya sebenarnya berat untuk meninggalkan perusahaan lama dan rekan-rekan disana.
Saya sarankan jika anda sedang dalam masa-masa cari kerjaan, belilah buku “bagaimana cara berpikir positif” “bagimana berpikir dan berjiwa besar” untuk mengubah mindset anda, karangan david j schwartz mungkin yang saya rekomendasikan.

Yang perlu diketahui adalah bahwa setiap pewawancara kerja adalah orang yang tahu benar bagiamana psikologi seseorang. Dari situlah ia dapat mengetahui sikap, watak, dan kelakuan calon pegawainya. Ini berkaitan dengan kualitas capability dan sikap mental untuk perkembangan perusahaan.
Jadi bukan hanya sekedar “hebat dari luar dan penampilan, atau ketrampilan ++”

Berkaitan dengan resume..
Tulislah resume yang simple, informatif, dan “eye catching” tentang anda. Anda bisa lihat di sini,
http://www.tinachen.org/hello/resume.pdf

JIka anda susah memodifikasi resume dengan Ms word, saya sarankan buatlah ulang dengan ms.publisher agar mudah pengaturanya.

Anda sudah menulis surat lamaran kerja dengan baik dan benar serta powerful seperti sales letter dalam dunia internet marketing yang dapat dengan mudah "menjual" anda?
Baca juga, contoh menulis surat lamaran kerja.

Jika tulisan ini anda rasa bermanfaat buat anda dan orang lain, silahkan untuk di share ke teman anda yang mungkin juga sedang mencari pekerjaan, melalui fb, twitter, atau g+ icon di bawah ini.