Tuesday, January 20, 2015

Ms.Publisher - Inilah Cara Paling Mudah Menulis Surat Lamaran Kerja dan CV-Resume

TrikCariKerja.com - trik berkaitan dengan penulisan resume
Program/Software Komputer Untuk Menulis Surat Lamaran Kerja Dengan Mudah
Anda masih cari kerja? Software apakah yang anda gunakan untuk menulis surat lamaran kerja dan resume/CV (Curriculum vitae)? Apakah hanya ms.word yang anda gunakan dan anda andalkan?

cv-resume-profesional

Banyak program komputer yang bisa anda  gunakan untuk menulis surat lamaran kerja seperti ms.word (dari ms. office), office writer (dari open office), atau software lainnya seperti libre office. Kesemuanya memang merupakan word prosessor yang sangat dikenal kehebatannya. Namun ada kalanya ketika anda menulis surat lamaran kerja/cv mengalami kesulitan dalam hal tampilan tata letak/layout. Ms word memang merupakan software untuk mengetik yang powerful, namun dalam hal tata letak sering mengalami banyak kendala.

Untuk menyiasati kesulitan-kesulitan saat menulis resume/cv dan surat lamaran kerja, gunakanlah Ms.Publisher. Ms.publisher merupakan salah satu group dari Ms.Office (ms.word, ms.excel, ms.access, ms.powerpoint, dll). Cara mengoperasikan ms.publisher juga relatif mudah, seperti halnya anda menggunakan ms.word, namun untuk melakukan editing baik teks, image, atau pun tata letak (layout) pada saat membuat cv yang profesional, ms.publisher jauh lebih mudah. Ndak percaya..? coba saja sendiri, pasti ketagihan menggunakan ms.publisher. hehehheee...
Ms. Publisher sebenarnya merupakan program publishing untuk pembuatan digital publishing seperti majalah digital, ebook, dll.

cara-menjalankan-ms-publisher

ms-publisher-program-untuk-menulis-cv-resume-surat-lamaran-kerja
Tampilan Awal Ms.Publisher

Membuat cv/resume dengan menggunakan ms.publisher sangatlah  mudah. Jalankan ms.publisher, pilih ukuran kertas (biasanya A4 Potrait), kemudian klik tombol Create.

tips-trik-software-untuk-menulis-resume-profesional
Contoh Penulisan CV Menggunakan Ms.Publisher
Untuk membuat/mengedit teks gunakan tolbar teks pada panel toolbar sebelah kiri, begitu juga untuk toolbar image dan toolbar toolbar lainnya, sudah tersedia secara lengkap dan mudah. Anda tinggal memasukkan element teks, image/photo, address,dll sesuai dengan fungsi toolbar yang ada.

Misalnya untuk membuat teks anda tinggal klik toolbar teks. Setelah toolbar teks anda klik, maka publiher akan meminta anda untuk membuat kotak teks pada area kertas kerja sesuai posisi dan besar kecilnya kotak teks yang anda inginkan. Ketikkan teks di dalam kotak teks tersebut. Posisi kotak teks nantinya bisa anda atur ke segala arah jika anda ingin mengubah layoutnya.
Begitu juga ketika bekerja dengan image/photo, anda tinggal klik toolbar image, maka publisher akan meminta anda untuk membuat kotak image dan memasukkan image ke dalam kotak tersebut.
Semua element nantinya dapat anda atur tata letaknya dengan cara klik kotak element dan geser dengan keyboard anak panah atau mouse.

Setelah anda melakukan penulisan cv dan surat lamaran, anda dapat print ke pdf atau kertas, dan surat lamaran anda bersama cv dan dokumen pendukung lainnya siap di kirim melalui email ataupun menggunakan pos ke perusahaan-perusahaan yang menjadi target anda bekerja.

Selamat mencoba..!!

Jika tulisan ini anda rasa bermanfaat buat anda dan orang lain, silahkan untuk di share ke teman anda yang mungkin juga sedang mencari pekerjaan, melalui fb, twitter, atau g+ icon di bawah ini.