Monday, February 16, 2015

Membuat Resume (CV-Curriculum Vitae-Daftar Riwayat Hidup) Yang Efektif

Membuat resume memang bukan perkara mudah, tidak bisa asal tulis dan susunannya pun harus lebih familiar bagi seorang interviewer dan pihak perusahaan yang berkepentingan. Resume merupakan tool marketing diri anda sendiri. Menulis resume yang baik, benar, dan efektif akan membantu mempresentasikan diri anda dalam proses pencarian kerja. Sebuah resume harus diarahkan kepada kebutuhan orang yang membacanya (dalam hal ini adalah pihak perusahaan), bukan kebutuhan anda, misalnya setiap kali perusahaan meminta resume anda selalu disertai dengan dua pertanyaan dasar, yaitu:
  1. Apa perusahaan membutuhkan orang dengan background seperti ini?
  2. Apakah pengalaman kerja orang ini cukup bagus untuk sebuah interview yang bermanfaat?
Sebagian besar perusahaan/interviewer melihat dan menganalisa sekilas resume yang diminta kurang lebih 15-30 menit untuk menentukan apakah anda layak untuk diwawancari. Jika anda memiliki potensi untuk tindak lanjut wawancara maka interviewer pun akan memberikan kriteria pertanyaan lanjutan:

  • Apakah anda memiliki pengalaman yang sedang dibutuhkan perusahaan saat ini?
  • Seberapa sukses pengalaman yang telah anda kerjakan?
  • Apakah anda dapat berhasil di perusahan ini?
  • Apakah anda merupakan orang yang cocok dan memiliki performa yang baik dalam sebuah oraganisasi?
  • Dan sederet pertanyaan lainnya berkaitan dengan kualifikasi anda.
Berpikir tentang CV/Resume/Daftar Riwayat Pekerjaan berarti anda mengiklankan diri anda untuk sebuah pekerjaan, dan prinsip dari setiap iklan adalah secepat mungkin mendapatkan perhatian dari orang yang melihatnya. Jadi, anda harus menekankan apa yang membuat pembaca menjadi tertarik. Anda harus memiliki informasi yang cukup untuk "membujuk" pembaca resume anda tertarik, agar anda akan mendapatkan langkah selajutnya, yaitu proses tes dan wawancara kerja.

Berikut merupakan contoh resume yang efektif
Klik Spoiler Berikut:
contoh-resume-chronological

contoh-resume-yang-efektif


Yang harus anda ingat berkaitan dengan resume anda adalah bahwa cv/resume anda merupakan tool yang sangat penting dalam proses melamar pekerjaan, yang utamanya berfungsi untuk:
  1. Memberitahukan banyak orang bahwa anda memang benar-benar sedang mencari pekerjaan dan semua pengalaman anda anda ringkas dalam resume anda.
  2. Resume anda digunakan untuk menyatakan diri anda bawha anda memiliki kualifikasi terbaik sesuai dengan jenis pekerjaan dan jabatan/posisi yang anda lamar.
  3. Resume menekankan anda merupakan kandidat terbaik berdasarkan pengalaman relevan yang anda miliki.
Jadi susunlah resume anda sebaik mungkin secara prosional dengan prinsip-prinsip di atas. Itulah cara mebuat resume yang benar, efektif, dan bagus dari segi interviewer/perusahaan.

Jika tulisan ini anda rasa bermanfaat buat anda dan orang lain, silahkan untuk di share ke teman anda yang mungkin juga sedang mencari pekerjaan, melalui fb, twitter, atau g+ icon di bawah ini.