Monday, February 2, 2015

Persiapan Sebelum Melakukan Wawancara Kerja

TrikCariKerja.com - Tips dan trik wawancara kerja
Wawancara kerja bagi sebagian orang menjadi momok yang sagat tidak nyaman, bahkan menakutkan, hingga tidak jarang kita dengar banyak orang yang pada saat melakukan wawancara menjawab apa kadarnya dan kadang tidak nyambung dengan apa yang dibicarakan/dipertanyakan. Ini karena secara psikologis orang yang mengikuti wawancara sudah ketakutaan lebih dulu, dan secara mental tidak siap menghadapinya.

Untuk melakukan persiapan wawancara kerja banyak cara yang bisa anda coba untuk meningkatkan keberanian anda di hadapan si pewawancara nantinya, misalnya: bersama teman anda, anda melakukan latihan wawancara dengan pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan saat wawancara kerja.
Atau anda melemparkan pertanyaan wawancara kerja kepada diri anda sendiri kemudian anda menjawabnya sendiri. Hingga pada akhirnya anda menghadapi wawancara kerja yang sebenarnya.

persiapan-wawancara-kerja-interview

Tiap kali anda tidak berhasil menghadapi wawancara kerja (anda gagal diterima masuk salah satu perusahaan), anda harus ingat bahwa itu merupakan pelajaran pahit sekaligus paling penting dalam sejarah karier anda. Namun jangan anggap itu sebagai kegagalan tanpa sebab. Jika anda dapat memperbaiki satu saja dari point wawancara kerja, maka anda akan lebih dekat dengan yang namanya keberhasilan diterima kerja.

Ada beberapa hal yang bisa anda perhatikan berkaitan dengan persiapan wawancara kerja:

  • Anda harus evaluasi diri anda secara jujur apa kekuatan dan kelemahan anda saat melakukan wawancara kerja. Jika anda belum melakukannya, maka lakukanlah sejak sekarang sebelum anda membuat resume dan surat lamaran kerja dan mengirimkannya ulang. Kenali hal-hal yang kritis dan rencanakan suatu tindakan untuk mengurangi kelemahan anda. Berlatihlah menonjolkan kelebihan anda. Ingat anda mencari kerja karena anda ingin menjual kemampuan anda, jadi anda harus menonjolkan apa kemampuan anda. Ini seperti halnya prinsip jual beli.
  • Berlatihlah menjawab pertanyaan. Semakin sering anda berlatih maka akan semakin baik hasilnya. Bahkan jika perlu anda dapat merekam latihan tersebut, misalnya dengan perangkat hp anda, dan anda yang menilai sendiri jawabanya apakah kira-kira sudah pantas dan puas dengan cara anda menjawab atau belum dan mintalah pendapat dari teman anda atau saudara anda. Selain anda belajar menjawab sendiri latihan pertanyaan wawancara kerja secara lisan, gunakan bahasa tubuh anda untuk mengekspresikan dan memperkuat jawaban tersebut.
  • Sesuaikan setiap jawaban anda dengan asumsi keadaan dan pekerjaan yang berbeda-beda.

Itulah poin-poin berkaitan dengan persiapan wawancara kerja, anda harus yakin bahwa anda dapat menghadapi wawancara dengan lancar.

Jika tulisan ini anda rasa bermanfaat buat anda dan orang lain, silahkan untuk di share ke teman anda yang mungkin juga sedang mencari pekerjaan, melalui fb, twitter, atau g+ icon di bawah ini.