Saturday, October 3, 2015

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Contoh surat lamaran kerja bahasa inggris adakalanya diperlukan ketika ada perusahaan memasang iklan lowongan pekerjaannya yang juga menggunakan bahasa inggris. Secara langsung dapat dilihat persyaratan, bahwa ketika anda mau melamar pekerjaan tersebut, anda diwajibkan dapat menggunakan bahasa inggris baik pasif maupun aktif, atau minimal pasif. Kemampuan bahasa inggris yang anda miliki jika anda diterima di perusahaan tersebut, nantinya digunakan untuk berbagai kepentingan sesuai dengan jabatan pekerjaan yang anda lamar seperti surat-menyurat dalam bahasa inggris, meeting/negosiasi dengan orang luar negri (orang asing), atau bahkan untuk melakukan berbagai trip/perjalanan ke berbagai cabang perusahaan di luar negeri.

Jika ada iklan lowongan kerja dalam bahasa inggris yang ingin anda lamar, kemudian anda menulis surat lamaran kerja dan cv (curriculum vitae/daftar riwayat hidup) tidak menggunakan bahasa inggris, maka kemungkinan besar anda tidak akan mendapatkan panggilan wawancara kerja untuk follow up lebih lanjut, karena dari awalnya saja anda sudah tidak memenuhi kriteria sebagai kandidat yang disyaratkan. Karena itu, penting sekali bagi anda untuk mengasah kemampuan bahasa inggris, apalagi jika anda memiliki level pendidikan tinggi setingkat diploma (D3) / strata 1 (S1), karena pada kenyataannya masih banyak orang indonesia yang meski lulusan S1 namun kemampuan bahasa inggrisnya sangat minim.

#Pada artikel sebelumnya telah di publish tulisan yang berkaitan dengan surat lamaran kerja. Anda dapat membacanya pada pokok bahasan ini:
Cara mudah menulis surat lamaran kerja dan CV

Lalu bagaimana jika anda bukan lulusan D3 / S1, namun hanya setingkat SLTA (sekolah kejuruan)? Mempelajasi bahasa inggris akan bermanfaat, mana kala anda ingin mentargetkan dapat bekerja pada perusahaan-perusahaan tertentu dengan kemampuan dan pengalaman yang anda miliki. Misalnya ada memang sangat bakat dalam bidang marketing yang di dalam pekerjaan tersebut sarat dengan presentasi. Anda pasti tahu bahwa pekerjaan marketing tidak selamanya harus lulusan perguruan tinggi, karena kemampuan marketing tidak dimiliki oleh setiap orang, meski ilmu tentang marketing sebenarnya dapat dipelajari, Dalam berbagai presentasi yang akan anda hadapi, bisa jadi orang yang anda hadapi adalah orang asing.

Nah, ketika ada kesempatan untuk memperoleh pekerjaan yang jauh lebih baik dari sisi gaji yang akan anda terima, kenapa tidak anda ambil kesempatan tersebut. Biasanya perusahaan-perusahaan besar dan bagus akan memasang iklan lowongan kerjanya memakai bahasa inggris.

Di bawah ini merupakan contoh penulisan surat lamaran kerja menggunakan bahasa inggris:



Jakarta, March 25th 2015
Yorname
your address
your Phone
youremail@yahoo.com
youremail@gmail.com

To :
Mr. Who
HRD MANAGER
PT. 3D XYZ

3D Character Designer
Dear sir,
Based on your advertisement on Kompas 22-August-2015, I have read that PT. XYZ,  is looking for 3D Character Designer.

     I am interested in this position because I have 4 years related experience  in 3d design with many complex character especially in gaming company, PT. Kid Games , PT. GDevelopment, and now still working at PT. 3dVis, but now I am challenged with your company advetised.

     The primary software I cover are 3ds max, autocad, and rendering software like v-ray, Maxwell render, and modo. I have been mastering the softwares and other methods efficiently.

      I understand english very well to communicate and negotiate with other partner about price of 3d character design complexity, work with  photoshop, office program, and other software to support job quickly.

     There are some projects I attached with this email or you can see on may personal blog that include all of  3d projects that i did at http://www.3dcharacherfrelancerproject.com

     With this email I also attach my CV and other documents, and I hope you have no objection to see it.
Then, I want move forward in an enhancement with your company and  I shall be very glad to see you in person if  you grant me in opportunity of an interview.


Yours faithfully,


Yourname



Buka spoiler tampilan  contoh surat lamaran kerja menggunakan bahasa inggris berikut:

Contoh surat lamaan kerja dalam bahasa inggris tersebut dapat anda modifikasi sesuai dengan kondisi anda sekarang, apakah anda sudah berpengalaman atau belum. Dengan meningkataknn kemampuan bahasa inggris sedikit demi sedikit dari yang anda miliki sekarang, anda akan lebih mahir nantinya, dan akan terbiasa menulis baik surat lamaran kerja ataupun cv yang anda buat (update).

Semoga contoh surat lamaran kerja memakai bahasa inggris di atas, bisa anda jadikan panduan untuk menulis surat lamaran kerja ke berbagai perusahaan.