Thursday, June 23, 2016

Cara Beradaptasi di Tempat Kerja Baru

Hari pertama kerja di kantor baru tentu banyak yang terlintas di benak anda. Wajar saja, karena perasaan anda sama seperti kebanyakan karyawan baru. Mereka bahkan menganggap hari pertama kerja sebagai hari yang "bikin was-was" atau mungkin bahkan "mengerikan". Akan ada bos baru dan orang-orang baru yang akan anda kenal dengan karakter berbeda-beda. Bahkan suasana baru yang mungkin berbeda 180 derajat dari suasana di tempat kerja sebelumnya.

Pertanyaannya bagaimana anda akan menghadapai semua kondisi dan karakter orang-orang baru tersebut?

Nah, di sini anda akan diajarkan beberapa tips bagaimana anda seharusnya beradaptasi di tempat kerja baru dengan menyikapi suasana yang belum anda kenal.

cara-beradaptasi-di-tempat-kerja-baru

Pertama, hari pertama anda bekerja sebaiknya anda memperkenalkan diri anda secara aktif kepada calon teman seruangan anda. Ini inisiatif yang sangat bagus. Jangan sampai karyawan lama menyapa anda terlebuh dulu, karena anda akan dianggap sombong dan tidak bisa bersosialisasi. Hari pertama kerja adalah hari penilaian "kesan sikap" anda terhadap rekan kerja baru anda, dalam tim mereka. Anda harus ingat bahwa anda yang masuk ke tim kerja mereka, bukan mereka yang masuk ke tim anda. Jadi sudah seharusnya anda bisa bersosialisasi aktif memperkenalkan diri dalam team baru. Dengan memperkenalkan diri secepatnya berarti anda punya niat beradaptasi lebih cepat.

Kedua. Setelah anda berkenalan dengan mereka, usahakan anda ingat secepat mungkin wajah dan nama-nama mereka. Jika anda kesulitan anda bisa mencatatnya pada buku kontak (bisa dalam hanphone) agar anda tidak lupa. Memanggil "Pak" atau "Bu" diikuti dengan namanya akan terkesan lebih familiar dan sopan, dari pada anda sekedar menggunakan panggilan "Pak" atau "Bu" saja.

Ketiga. Lakukan hal-hal kecil namun bisa memberikan pengaruh besar terhadap diri anda, seperti menyapa lebih dulu pada pagi hari, atau mengucapkan terima kasih.
Dengan begitu orang lain akan merasa dihargai oleh anda. Dan anda akan mendapatkan efek positifnya dari orang lain. Selain di kantor ada baiknya anda dapat ikut serta pada kegiatan acara-acara bersama di luar kantor seperti olah raga futsal, badminton, touring, dll. Cara ini merupakan cara terbaik anda mendekatkan diri ke mereka. Dengan begini anda tidak hanya akrab di kantor saja namun juga di luar kantor secara personal

Keempat. Selalu lihat situasi dan kondisi di kantor apabila ingin membuka obrolan ringan. Jika rekan kerja anda sedang fokus mengerjakan tugasnya, sebaiknya anda tidak mengajaknya ngobrol. Karena akan mengganggu mereka. Ini juga bagian dari kesopanan anda tidak banyak bicara pada jam sibuk. Bicaralah jika anda ada pertanyaan yang benar-benar penting. Tunggu waktu istirahat jika anda ingin mengajak mereka diskusi atau ngobrol.

Kelima. Saat ngobrol dengan teman baru anda di kantor, janganlah banyak mengekspos (mengumbar) diri anda. Tetaplah low profile dan ramah. Mengumbar diri anda hanya akan membuat orang lain lama-lama tidak respek dengan anda. Lebih baik anda menjadi pengedengar yang baik untuk mempelajari hal-hal baru di lingkungan kerja baru.

Keenam. Setiap perusahaan (tempat kerja) memiliki budaya kerja masing-masing. Perhatikan dan pelajari kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang lama bagaimana mereka menjalankan budaya perusahaan tersebut. Biasanya hal ini sangat kentara dari sikap (attitude), cara berpakaian, dan gaya bicara yang mereka lakukan. Dengan mempelajari etika dan budaya kerja berarti anda mempelajari cara mudah beradaptasi dan bersosialisasi dengan mereka.

Ketujuh. Bersikaplah inisiatif. Inisiatif dilakukan bila ada sudah memegang pekerjaan. Jika belum tunggulah perintah dari atasan anda. Jangan belum apa apa anda sudah banyak bicara (inisiatif). Jika anda sudah menerima pekerjaan baru, anda dapat mengeluarkan saran jika memang ada cara (solusi) yang lebih bagus. Di sinilah sebenarnya sikap inisiatif berada pada tempatnya.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk beradaptasi di kantor baru. Selalu ingat note-note di atas sebagai acuan anda bertindak dan bersikap di tempat kerja baru.

Salam sukses di tempat kerja baru.